[Ngobras Buku] Tiga Novel yang Tokoh Utamanya Penari



Halo teman-teman, Ngobras Buku kali ini hadir dengan pembahasan mengenai tiga novel yang tokoh utamanya penari. Setelah sebelumnya saya membuat obrolan seputar novel yang tokohnya penulis, sekarang saya mau bahas yang penari. (Baca: 6 Novel yang Tokohnya Seorang Penulis) Kenapa hanya tiga? Karena sepertinya, saya baru membaca tiga novel yang berlatarkan dunia tari dan yang tokoh utamanya menggeluti dunia tari. 

Sebagai seseorang yang tidak pernah mendalami tari, mendapati sebuah cerita dengan karakter memiliki ketertarikan besar dengan tari bahkan mengambil itu sebagai passion-nya, saya jadi mendapat tambahan kisah baru dari membaca cerita-cerita ini. Yang spesial adalah, tiga novel ini ditulis oleh penulis lokal dan dua di antaranya mendapatkan apresiasi yang bagus dari pembaca (yang satu lagi, Sing Me Home baru saja rilis awal bulan lalu dan sepertinya akan mendapatkan tanggapan yang bagus pula karena ceritanya bagus dan disampaikan dengan apik).

Nah, sudah siap untuk mengetahui apa saja judulnya? Untuk menuju ke review, kalian bisa klik di judulnya ya.





Nefertiti, tokoh dalam novel ini adalah seorang penari. Terlahir dari keluarga seniman, Nefertiti sejak kecil tidak menunjukkan bahwa dirinya mewarisi bakat seni dari orangtuanya. Namun, akhirnya ia menemukan tari sebagai dunianya. Orangtuanya memasukkan ia ke sanggar balet dan berharap bahwa Titi akan menjadi bintangnya dan menonjol di sana. Ternyata, ia gagal mendapatkan peran dalam pertunjukan Swan Like dan ia mendapatkan sorot kekecewaan dari ibunya.





Nada adalah mahasiswa jurusan tari di kampusnya. Dalam suatu ujian tari, ia meminta Nino, pacar tetangganya untuk membantu mengiringinya dengan musik. Namun, karena tetangganya itu mempunyai permasalahan dengan psikisnya, dan tidak pernah membiarkan pacarnya berdekatan dengan siapa pun dengan alasan apa pun, membuat Nada yang sudah memiliki chemistry terhadap Nino (dalam hal hubungan tari-musik yang sama-sama mereka geluti) harus menghadapi permasalahan pelik dengan Audy yang punya kecenderungan untuk bunuh diri.





Gwen memiliki passion dalam hal tari. Namun, ibunya tidak pernah mengizinkan ia menggeluti dunia ini. Padahal, menurut Savannah guru tarinya, Gwen adalah seorang gadis yang benar-benar berbakat. Gwen tergabung dalam grup Annabel's, ia dan grupnya mengikuti audisi untuk mendapatkan beasiswa. Dan karena ibunya tidak mengizinkan Gwen, gadis itu harus menjalani latihan tambahan untuk audisi itu secara diam-diam. Ibunya memiliki alasan tertentu mengapa Gwen tidak diperbolehkan menjadi seorang penari? Kira-kira kenapa ya?



Nah, itu dia tiga novel yang tokohnya penari. Ada yang sudah kamu baca? Bagaimana kesan-kesannya? Atau, apa kamu punya rekomendasi novel yang bertokoh penari? Share di bawah ini ya... saya jadi kepingin baca novel bertemakan sejenis, atau novel-novel yang karakternya memiliki passion di bidang tari. Apalagi, kalau tarinya tradisional. Ditunggu komentarnya ya....


________________
Source pict, edited by me


6 komentar:

  1. Dari tiga novel di atas, aku baru baca Coppelia. Baguuus...
    Dulu bukunya Sitta Karina yang Titanium ada tentang penari. Tokoh utamanya, Romy, bukan penari sih. Tapi dia belajar tari jawa gitu. Jarang-jarang ya kalo tokohnya menari tarian tradisional.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sama Kak Nana, Coppelia emang bagus bangetttt...

      Wah, oke *noted* iya kayaknya emang jarang ya yang penari tradisional. Padahal kayaknya seru....

      Delete
  2. Ketiga novel di atas masih belum saya punya dan belum baca. Mungkin kelak. Mbak Nisa, gimana kalau ke depannya mengambil topik tokoh yang sebagai pengajar? Hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah kayaknya cari pengajar sebagai tokoh utama, kebanyakan side character. Tapi memang ada beberapa (saya lupa), boleh deh sesekali saya ulas kalau sudah baca buku dengan tema yang sama minimal 3 judul :)

      Delete
  3. Aku baru baca Coppelia.

    Dan jangan lupa ada Srintil, kisah penari dalam Ronggeng Dukuh Paruk yang ditulis Ahmad Tohari. Udah ada versi filmnya juga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buku Ronggeng Dukuh Paruk yaa... kepingin deh baca nanti :)) Makasih rekomennya Kak Luckty :)

      Delete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (16) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (6) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Miranda Malonka (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)