The Maze Runner


Judul : The Maze Runner
Pengarang : James Dashner
Penerjemah : Yunita Chandra
Penerbit : Mizan Fantasi
ISBN : 9789794338483
Tebal Buku : 478 Halaman
Rating : 3 dari 5


Thomas, seorang anak lak-laki yang dikirim ke dalam maze dalam kondisi hilang ingatan, tidak tahu mengapa dan bagaimana di bisa ada di tempat ini. Sebuah tempat asing dengan penghuni kesemuanya adalah anak laki-laki. Satu hal yang diketahuinya adalah namanya sendiri, Thomas.

Tangan-tangan lain mengerubutinya, namun tidak menjawab pertanyaan yang ia ajukan mengenai eksistensinya dan tempat apa ini. Julukan kemudian melekat padanya; anak bawang. Lalu seseorang yang disinyalir sebagai pemimpin tempat itu, Alby, menjelaskan kalau akan ada tur singkat keesokan hari untuknya. Dan dia bertemu dengan seorang anak kecil gembil bernama Chuck yang kemudian hari akan menjadi sosok anak yang dekat dengannya.

Alby menghampiri dan mengajak Thomas untuk mengitari lokasi ini sebagai bagian dari tur singkat untuk penghuni baru mereka. Dan kemudian ia dijelaskan secara singkat mengenai tempat ini. Dinamakan dengan Glade. Seseorang setiap bulannya akan dikirim oleh para Creator untuk masuk ke dalam Glade melalui Kotak. Dari dalam Kotak tersebut pula, kebutuhan mereka meskipun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, selebihnya, mereka harus mengusahakan untuk penghidupan mereka sendiri.

Glade terbagi menjadi empat bagian; Kebun--berisi perkebunan tempat para penghuni memanan junis-jenis tanaman pertanian--, Rumah Darah--tempatmemelihara dan memotong hasil peternakan--, Wisma--tempat tinggal penghuni--, dan Tempat-tempat orang mati--berisi pemakaman penghuni yang telah meninggal.

Di dalam Glade, mereka juga membentuk beberapa komunitas berdasarkan kemampuan Gladers yang dipimpin oleh masing-masing satu Pengawas, yakni Pembangun, Pelari, Anak Medis, Pengolah-Lahan, Juru Masak, Pencincang, dan lain-lain. Mereka  hidup dengan aturan yang telah disepakati dalam rapat dewan untuk menjaga kestabilan kehidupan di dalam Glade.

Selain itu, adalah Maze yang berada di luar sana. Para Pelari pergi untuk menjelajah Maze setiap hari, berupaya untuk memecahkan kode untuk membuat mereka semua keluar dari tempat ini. Di dalam Maze terdapat Griever, serangga mesin yang siap untuk menyengat atau bahkan membunuh mereka yang masuk.

Gally, salah seorang dari mereka, pernah tersengat oleh Griever. Setelahnya, dia mendapat ingatan-ingatan yang pernah dimilikinya dulu. Dan Gally meyakini bahwa dia pernah melihat Thomas sebelumnya, dan kemudian membencinya.

Tiba-tiba saja keanehan terjadi di sana. Kotak itu kembali datang dengan membawa peserta baru, yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sebulan mereka dikirimi lebih dari satu orang, dan anak itu adalah seorang--perempuan. Beserta pesan yang tertulis: Dia yang terakhir. Untuk selamanya.

Namanya Teresa. Dan parahnya, kehadiran Teresa yang cukup menggemparkan ini semakin membuat keadaan kacau, karena satu-satunya orang yang dikenali gadis ini adalah Thomas. Terlebih lagi, dengan pengakuan Gally, membuat Thomas diyakini sebagai orang yang berbahaya bagi mereka. Teresa mempunyai kemampuan yang mengejutkan, yakni bisa berkomunikasi secara telepati kepada Thomas.

Minho, kepala pelari, suatu hari datang bersama Alby dari balik Maze dengan kondisi Alby yang terluka parah karena tersengat. Thomas datang membantunya, dengan mengingkari peraturan yang melarang siapapun selain Pelari untuk masuk ke dalam Maze. Thomas berhasil membuktikan kemampuannya untuk bertahan semalam di dalam sana, serta upayanya mampu menyelamatkan Alby. Kehadiran Thomas juga mengubah segalanya, dia merasa memiliki gagasan untuk memecahkan kode yang ada pada Maze.


Keadaan Glader tidak lagi sama. Membuat sebuah keputusan harus diputuskan, bahwa mereka semua harus masuk ke dalam Maze atau mereka semua akan mati. Mereka pula berusaha menyingkap siapa yang bertanggungjawab atas apa yang terjadi di tempat ini, dan untuk tujuan apa mereka semua dikumpulkan, diisolasi, dipenjara, di dalam Glade.


Cerita ini begitu seru, berjalan dengan alur yang tidak terlalu lambat. Tokoh-tokohnya yang ternyata diberi nama dari para ilmuwan. Thomas Edison, Albert Einsten, Isaac Newton. Sebuah kebetulan, salah satu novel Indonesia karta Dee yakni Gelombang, mengusung nama yang sama dalam ceritanya. Plotnya bagus, mudah dimengerti, meskipun ketegangan yang disajikan cenderung biasa saja menurut saya. Tapi kisahnya tidak mudah ditebak meskipun saya menonton filmnya terlebih dahulu baru membaca novelnya. Biasanya kalau ada novel yang difilmkan sebisa mungkin saya membaca duluan, karena mengomentari film lebih menyenangkan daripada mengomentari buku, hehehe.

0 komentar:

Post a Comment

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (16) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (6) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Miranda Malonka (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)