Confess

Judul : Confess
Penulis : Colleen Hoover
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 376 Halaman
Cetakan Pertama, Mei 2016
(Cetakan pertama versi buku asli, Maret 2015) 
ISBN : 9786020328010
Rating : 3 dari 5



Blurb:

Pada umur 21 tahun, Auburn Reed sudah kehilangan segalanya. Ingin memperjuangkan kembali hidupnya yang berantakan, Auburn pun menetapkan tujuan agar tak menyisakan ruang bagi kesalahan. Namun ketika masuk ke galeri seni di Dallas untuk mencari pekerjaan, Ia malah jatuh hati pada sang seniman misterius, Owen Gentry.

Sekali ini saja, Auburn mengambil kesempatan dengan menyerahkan hatinya, hanya untuk mengetahui Owen menyembunyikan rahasia besar; masa lalu yang mengancam akan menenggelamkan seluruh usaha Auburn selama ini.

Demi menyelamatkan hubungan mereka, Owen hanya perlu mengaku. Namun, pengakuan tak selalu lebih baik, terutama jika kenyataan hanya akan menyakiti lebih banyak pihak. 

***

Auburn Reed, mengalami hari yang berat semenjak kepindahannya ke Dallas. Ia terpaksa pindah dari Texas, memulai kehidupan baru di sana. Ia mendapatkan kontrakan dan juga pekerjaan. Namun, ia membutuhkan uang untuk menyewa pengacara dan memenangkan sebuah tuntutan.

Auburn menemukan satu lowongan pekerjaan aneh yang "menjebaknya" dalam suatu kehidupan baru. Si seniman misterius, Owen Gentry, menawarkannya pekerjaan selama satu malam itu saja sebagai pegawai galeri seni miliknya yang tidak buka setiap saat. Sementara, Owen, mengalami keterkejutan karena bertemu lagi dengan Auburn. Owen adalah seorang pelukis. Di galerinya, ia menjual lukisan hasil dari pengakuan orang. Ia meletakkan kotak pengakuan di galeri miliknya, lalu melukis dengan menggunakan kalimat pengakuan tersebut sebagai inspirasi.

Tidak hanya tertarik dengan konsep pengakuan dalam galeri Owen, Auburn ternyata perlahan-lahan masuk ke dalam kehidupan pria dengan nama tengah sama dengannya itu; Mason. Pertemuan demi pertemuan yang terjalin oleh mereka, membuat Auburn terpaksa membuka hatinya kembali untuk Owen, setelah bertahun-tahun ia menutupnya selepas meninggalnya Adam, cinta pertama Auburn.

Dan ketika mereka sudah semakin dekat, lapisan-lapisan rahasia terkuak dalam diri mereka menjadikan sebuah tantangan besar menyangkut masa depan kisah mereka berdua.

***

Pengakuan yang Anda baca di dalam novel ini pengakuan sungguhan, dikirimkan tanpa nama oleh para pembaca. Buku ini didedikasikan untuk kalian semua yang menemukan keberanian untuk membagi pengakuan-pengakuan.

Setelah membaca 9 November, saya memutuskan untuk membaca novel-novel karya Colleen Hoover lainnya. Dan karena ada beberapa judul novel Hoover yang berseri, saya memilih membaca Confess terlebih dahulu, yang berdiri sendiri. Kesannya, masih sama seperti kesan saya terhadap Colleen Hoover sebelumnya, meskipun saya masih terpesona dengan plot twist 9 November yang begitu fantastis (dan buku ini, meskipun plotnya tidak mudah tertebak juga, tapi belum sefantastis 9 November). 

Oke, saya akan berhenti untuk membanding-bandingkan lagi.

Bab awal buku ini saya rasakan cukup membosankan, bahkan perasaan itu cukup lama bertahan hingga di seperempat bagian. Namun, begitu plot twist-nya terungkap, ketertarikan saya mulai muncul lagi. Dan hingga buku ini berakhir, saya masih bisa menikmatinya. 

Confess menyajikan premis yang unik dan lain dari biasanya: tentang sebuah karya yang lahir dari pengakuan-pengakuan anonim. Jika dikira kehadiran pengakuan itu hanya sekadar untuk menemani jalan cerita, nyatanya tidak demikian. Pengakuan-pengakuan itu bahkan muncul jauh sebelum kisah ini bermula, dan menemani pembaca menyingkap isi cerita ini yang masih tersembunyi.

Untuk karakternya sendiri, saya bisa merasakan bagaimana karakter ini terbangun dan berjalan memengaruhi cerita. Saya suka sosok Auburn yang mempertahakan haknya yang tercerabut. Saya suka Owen dan cerita tentang hidupnya. Saya suka bagaimana interaksi Auburn dan Owen yang manis, meskipun kisah yang mereka hadapi tidak selamanya manis dan menyenangkan.

Adegan dewasa masih ada, meskipun tidak sebanyak dan seekstrem 9 November dalam penggambarannya. Jadi, masih oke. Mau di-skip pun, tidak mengganggu atau kehilangan esensi cerita :) Anyway, ilustrasinya cakep-cakep.



2 komentar:

  1. Waduh...saya makin penasaran dengan buku-buku Collen Hoover, utamanya yang 9 November itu. Saya hanya pernah membaca satu buku karya beliau, Finding Cinderella.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja baca judul yang lain, kak.

      Delete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (16) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (6) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Miranda Malonka (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)