Tips Menyampul Buku Part 1



Halo teman-teman semuanya.

Kali ini saya hadir untuk memberikan tips menyampul buku. Ada dua tips menyampul buku yang akan saya berikan pada kalian. Yang pertama, ini yang sering saya lakukan untuk menyampul buku-buku saya. Lupa darimana saya belajarnya, tapi yang jelas, buku saya kebanyakan disampul dengan cara ini :D

Sebelum memulai penjelasannya, terlebih dahulu kalian harus menyiapkan peralatan yang dibutuhkan:

1. Tentu saja buku yang mau disampul
2. Sampul plastik bening
3. Selotip
4. Gunting



Pertama yang harus dilakukan adalah merentangkan sampul plastik menutupi buku. Lalu beri jarak kurang lebih 3 sentimeter pada tiap sisinya. Setelah itu, pada sisi kanan dilipat ke dalam, dan berikan perekat pada bagian dalamnya.


Kedua, setelah direkatkan dengan selotip, lipat sisa bagian atasnya membentuk segitiga. Dibiarkan saja dulu ya, karena sisi di dekat punggung buku belum kita gunting.


Ketiga, nah sekarang kita akan menggunting sisi di dekat punggung buku. Caranya, gunting menyerong dari sudut buku. Lakukan lagi pada sisi yang bersebrangan. Setelah itu, di bagian tengahnya digunting sejajar dengan ukuran tebal buku hingga rapi. Perhatikan gambar kiri di bawah ini, yang masih ada sisa pada tebal bukunya. Lalu, gambar kanan, bagian sisanya sudah dihilangkan.

Keempat, bagian yang kita lipat segitiga tadi, dilipat ke dalam dan dieratkan. Lalu, setelah itu diberi selotip pada kedua sisi; bagian yang terlipat, dan bagian yang digunting. Lakukan pula hal yang sama pada sisi lainnya. Hasil akhir di bagian dalamnya, terlihat di gambar paling bawah ini. Setelahnya, lakukan pada bagian belakang buku.



Selesai. Sekarang, tidak perlu khawatir lagi cover buku kita akan terlipat-lipat. Karena, bukunya sudah tersampul dengan cantik.



Semoga penjelasan singkat saya ini bisa bermanfaat.


4 komentar:

  1. Semua bukunya saya juga disampul. Gak mudah rusak jadinya. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, betul... hehehe. Jadi lebih awet juga bukunya.

      Delete
  2. wah aku juga masih coba-coba cara gunting yang enak, mungkin ini nanti mau tacobain ya. Biasanya yang bagian dilipat pada tutorial mbak Nisa, itu langsung kugunting menyerong lalu di selotip hehe.. ditunggu yang part II nya Mbak :D
    @alfari_12

    ReplyDelete
  3. ya ampuuun ini kegiatanku jaman sekolah nih hahaha sekarang udah gak pernah lagi :)))
    rapih banget sih Nisaaa :D

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (16) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (6) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Miranda Malonka (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)