[Master Post] Read and Review Challenge

Halo selamat pagi.

Saya akan mengepos satu tantangan lagi yang saya ikuti. Kali ini tantangannya dari Blogger Buku Indonesia (BBI). BBI di tahun 2017 hadir dengan tantangan Read and Reiew Challenge. Apa itu Read and Review Challenge? Ini adalah tantangan membaca dan memberikan review terhadap beberapa kategori yang sudah diberikan oleh divisi event dari BBI. Untuk postingan lengkapnya, kalian bisa cek di sini.



Namun, saya berikan beberapa poin penting di postingan saya kali ini. Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk challenge ini?


  1. Peserta harus anggota BBI aktif. 
  2. Memasang button Read and Review Challenge pada blog dan ditautkan kembali pada post aslinya di sini.
  3. Master post tidak wajib, tidak ada post rekap di akhir tahun.
  4. Durasi, tanggal membaca, dan time stamp mereview pada blog adalah mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2017.
  5. Link/tautan yang dimasukkan ke dalam linky harus berupa blog post, bukan review dari Goodreads, dan bukan berupa quick review/quick post.
  6. Buku yang direview adalah buku-buku berformat fisik maupun digital yang sudah diterbitkan, kecuali membaca dari situs (Wattpad, Fanfiction, dll). Ukuran dan tebal buku tidak dibatasi.
  7. Satu buku/review hanya boleh dimasukkan ke dalam satu linky, tidak boleh double entry.
  8. Untuk tema-tema 10 point, point baru akan dihitung jika semua entry yang disyaratkan sudah dimasukkan.
  9. Post untuk memasukkan link/tautan bisa masuk ke post: Master Post Link Read and Review Challenge.



Dalam challenge ini, ada 25 tema single point dan 4 tema ten point. Untuk setiap review yang masuk ke dalam linky sesuai dengan temanya, maka poin akan ditambahkan. Apa aja sih temanya? Jangan khawatir, kalian sudah cukup familiar kok dengan tema dan genre yang kami cantumkan.


Kategori Single Point



  • Classic Literature, adalah buku-buku sastra klasik seperti buku-buku Jane Austen, Charles Dickens, etc.
  1. The Secret Garden by Frances Hodgson Burnett
  2. Of Mice and Men by John Steinbeck
  • Children Literature, adalah buku-buku bertema dan cocok untuk anak-anak kecil hingga usia middle grade (SMP), atau usia hingga 15 tahun. Contoh, Rick Riordan.
  • Young Adult Literature, adalah buku-buku bertema remaja (Young Adult) dan New Adult (NA), berusia SMA hingga kuliahan, atau berusia 16-22 tahun. Contoh, Sarah Dessen, John Green, Jennifer L. Armentrout, dll.
  • Asian Literature, buku-buku yang berlatar belakang Asia, bertema kehidupan Asia, atau penulisnya berasal dari Asia. Contoh, Kevin Kwan, Akiyoshi Rikako.
  • Indonesian Literature Before 80’s, buku-buku asli dari Indonesia yang terbit sebelum tahun 1980.
  • Self-Improvement & Self-Help, merupakan buku-buku pengembangan diri. Contoh, buku-buku John C. Maxwell, chicken soup, dll.
  • Poetry, buku-buku puisi, baik dari Indonesia maupun luar Indonesia. Contoh, Tidak Ada New York Hari Ini, atau sonnet Shakespeare.
  • Biografi Pahlawan Indonesia, adalah buku-buku yang menceritakan kisah hidup pahlawan Indonesia, seperti tentang Ir. Soekarno, Jenderal Soedirman, dsb. 
  • Award Winning Books, adalah buku-buku yang memenangkan sebuah penghargaan atau lebih, misalnya pemenang RITA Awards, Goodreads Choice Awards, dsb.
  • Science-Fiction, buku-buku dengan genre utama science-fiction. Contoh, Star Trek, Ender’s Game, Across The Universe.
  • Dystopia, buku-buku dengan genre utama dystopia. Contoh, The Hunger Games, The Maze Runner.
  • Adventure, buku-buku mengenai petualangan dan memiliki tema utama petualangan, contoh: buku-buku Enid Blyton, Robinson Crusoe, dll.
  • Historical Fiction, adalah buku-buku dengan genre utama fiksi historis. Bisa romance, non romance. Contoh: Ruta Sepetys, Julia Quinn, Lisa Kleypas (romance). 
  • Fantasy Fiction, adalah buku-buku dengan genre utama fantasy. Contohnya, buku-buku Neil Gaiman.
  1. Gadis Penenun Mimpi & Pria yang Melipat Kertas Terbang by Gina Gabrielle
  • Paranormal Romance, adalah buku-buku dengan genre dan elemen utama paranormal romance, tentang vampire/shifter/makhluk non-manusia. Contohnya: Ilona Andrews, Nalini Singh, Thea Harrison, dll.
  • Contemporary Romance, adalah buku-buku yang memiliki genre utama romance dan berlatar belakang kontemporer, dengan tokoh yang sudah berusia dewasa. Contoh, Cecilia Ahern, Sophie Kinsella, Jojo Moyes, Colleen Hoover, Elle Kennedy, Lauren Blakely, dll.
  1. 9 November by Colleen Hoover
  2. Jogja Jelang Senja by Desi Puspitasari
  3. The Playlist by Erlin Natawiria
  4. Some Kind of Wonderful by Winna Efendi
  5. Lost and Found by Dy Lunaly
  6. Confess by Colleen Hoover
  7. Rule of Thirds by Suarcani
  • Erotic Romance, buku-buku dengan genre utama romance dan memiliki unsur eroticism yang besar. Contohnya, E.L. James, Sylvia Day, C.D. Reiss.
  • Sport Fiction, buku-buku fiksi dengan tema olahraga, baik romance maupun non-romance. Contoh: Susan Elizabeth Phillip.
  1. Apa Pun Selain Hujan by Orizuka (taekwondo)
    • Thriller and Crime Fiction, adalah buku-buku yang memiliki genre utama thriller dan fiksi kejahatan. Contoh, Stephen King, J.D. Robb, David Baldacci, John Grisham, etc. 
    • Wedding Literature, buku-buku yang memiliki tema pernikahan (wedding).
    1. When Love is Not Enough by Ika Vihara 
    • Graphic Novels & Comic Books, adalah buku-buku komik, novel bergambar, dan novel berilustrasi.
    • Debut Authors, adalah buku dari pengarang yang melakukan debut pada tahun 2017 (buku pertama), bisa fiksi bisa non fiksi.
    • Hobby Nonfiction, adalah buku-buku nonfiksi mengenai hobi, seperti crafting, travel, fotografi, motor dan mobil, dsb. 
    • Brick Books, adalah buku-buku yang memiliki ketebalan buku minimal 500 halaman dalam bentuk fisik (paperback/hardback) maupun digital (sesuai dengan edisi Kindle/ebook).
    • Name In A Book, adalah buku-buku yang memiliki nama tokoh (nama depan/belakang) pada judulnya, dan bukan pada nama serinya.



    Kategori Ten Point



    • Full Series, membaca dan mereview satu seri penuh selama tahun 2017, minimal memiliki 3 buku (trilogi) dalam satu seri dan semua review dimasukkan ke dalam linky [EDIT] tidak termasuk komik, dan novella tidak dihitung (buku-buku pendamping).
    • Buku Pengarang Lima Benua, mereview buku-buku dari masing-masing satu pengarang dari setiap benua (Asia, Eropa, Amerika, Afrika, dan Australia), sehingga dalam tema ini akan ada 5 link/tautan review. Buku yang dibaca boleh fiksi, bisa nonfiksi.
    • Lima Buku dari Penulis yang Sama, membaca dan mereview lima buku dari penulis yang sama, namun bukan bagian dari seri (harus stand-alone), bisa fiksi maupun nonfiksi.
    1. Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto by Mitch Albom
    2. Satu Hari Bersamamu by Mitch Albom
    3. Selasa Bersama Morrie by Mitch Albom
    4. Have a Little Faith by Mitch Albom
    5. The First Phone Call from Heaven by Mitch Albom
    6. Matahari by Paulo Coelho
    7. Sang Pemenang Berdiri Sendiri by Paulo Coelho
    8. Selingkuh by Paulo Coelho

    • Historical Non Fiction, merupakan buku-buku historis nonfiksi, bisa berupa ensiklopedi, buku sejarah, dll.



    Meskipun master post tidak masuk ke dalam persayaratan, tapi saya berinisiatif membuatnya agar saya bisa mentrack sejauh mana pencapaian saya dalam challenge ini. Di dalam poin-poin kategori di atas, saya menyisipkan buku-buku yang sudah saya ulas.

    Semoga challenge ini bisa membuat saya konsisten memabca dan mengulas buku-buku dari berbagai genre.

    Semangat!

    0 komentar:

    Post a Comment

    Recent Quotes

    "Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

    Setting

    Indonesia (40) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

    Authors

    Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)