[BOOM] Introducing Book Anatomy Project (by Nisa Rahmah & Bintang)

Selamat malam teman-teman.


Di tahun 2017 ini, ada beberapa gebrakan yang akan saya lakukan untuk membuat blog buku ini menjadi lebih baik lagi. Selain melanjutkan rubrik yang sudah ada, saya akan membuat beberapa rubrik baru. Salah satunya adalah...


BOOM (Book Anatomy)


Apa itu BOOM?

BOOM adalah kependekan dari Book Anatomy. Apa itu Book Anatomy? Lebih mudahnya, saya menyebutkan ini adalah sebuah proyek bedah buku yang digagas oleh saya dan Bintang (ach-bookforum.blogspot.co.id). Lalu, apa bedanya bedah buku di BOOM dan di review-review lainnya? Jelas beda, karena buku-buku yang kita bedah bersama ini adalah hasil rembukan buku mana yang bakal kita baca barengan. Yeps, kita sudah mendekati bahasan teknisnya nih. Intinya, kita berdua bakal baca buku yang sama setiap bulan, dan kita bakal membedah buku itu dari dua sisi yang berbeda. Selain itu, kita bakal live tweet juga sebelum share postingan kita masing-masing.


Nah, bagaimana teknis BOOM?

Untuk teknisnya, saya mengikuti tulisan Bintang (di sini) nih. Hehehe, ya biar samaan gitu jadi saya copas saja :p meskipun, teknis ini sudah kami bahas sebelumnya. Jadi, bagaimana sih mekanismenya?

  1. Memilih satu judul buku yang sama untuk kita baca bareng.
  2. Membagikan ringkasan cerita dari buku tersebut/kesan-kesan yang kita alami selama membaca buku tersebut di Twitter.
  3. Membuat resensi/review dari buku yang bersangkutan.
  4. Mengulangi 3 mekanisme di atas secara berturut-turut di bulan-bulan berikutnya. 


Sebenarnya kita sudah ada pembicaraan mau bahas buku apa saja. Namun, masih dirahasiakan judulnya tiap bulan. Pastinya, BOOM ini ditujukan untuk menyuarakan isi buku yang kami baca, membahas kelebihannya dan bisa dijadikan ajang promosi buku tersebut juga tentunya, apalagi, mostly, BOOM ini akan kita dedikasikan untuk mempromosikan buku-buku penulis lokal (meskipun tidak menutup kemungkinan buku yang akan kita ulas adalah buku terjemahan). Tidak hanya kelebihannya saja, kalaupun ada kekurangan atau hal-hal yang perlu diperbaiki, semoga suara kami dapat dijadikan masukan yang membangun agar para penulis bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi ke depannya.

Kami juga mengajak teman-teman untuk ikutan lho. Semakin banyak yang bergabung, semakin besar juga kita mem-BOOM-kan budaya baca bareng dan mereview bareng ini tiap bulannya. Kalau baca sendiri kan kadang ada malas-malasnya gitu, nah kalau baca bareng, pastinya bakal ada penyemangat tambahan, kan? Untuk buku-bukunya sendiri, bakal dicari yang mudah dijangkau baik buku fisiknya maupun e-book. Jadi, kita bisa bersenang-senang bersama, dan merutinkannya!

Satu lagi, kami juga tidak menutup pintu untuk kerja sama, baik kepada penerbit maupun penulis yang mau bukunya kami ulas barengan.

Naaah, itu dia penjelasan singkat dari saya. Kalian juga bisa membacanya di blognya Bintang di sini. Intinya, tunggu buku perdana yang akan kami ulas yaaa....

[UPDATE]



Berdasarkan hasil rapat kami berdua (saya dan Bintang) *biar serius gitu :D* ada beberapa informasi tambahan dari kami:

1.   Kami mengundang teman-teman untuk bergabung dengan kami dalam rangka baca bareng tiap bulannya.
2.  Baca bareng dilaksanakan tiap tanggal 15 setiap bulannya, dengan rentang waktu baca daritanggal 15 sampai 20 (6 hari). Selain itu, dalam rentang waktu 6 hari tersebut, kalian diperkenankan untuk memilih satu hari saja (terserah mau ambil tanggal berapa) guna membagikan sedikit ringkasan cerita/kesan-kesan kalian saat membaca novel yang bersangkutan tersebu ke Twitter. Format bebas, tapi yang jelas harus memakai hastag #BOOM.
3.  Setelah membaca, kalian diperkenankan juga untuk menulis review. Review ditulis dan di posting pada rentang waktu 6 hari, yaitu mulai tanggal 20-25 tiap bulannya. Review boleh diposting di blog, goodreads, notes facebook, atau bahkan di instagram. Dengan syarat, minimal 500 kataya.

4. Dalam setiap review, di bagian akhirnya, harus disertakan link atau tautan ke postingan ini. Misal:Review ini diikutsertakan dalam BOOM [link masterpost ini]. Jika dipost di blog, diperkenankan juga untuk turut menyantumkan logo BOOM.

5.   Untuk setor link review, tiap bulan ganjil, setornya di kolom komentar pada postingan review di blog Bintang (nanti link-nya bakal dikasih tahu kok). Utuk bulan genap, setornya di kolom komentar pada postinagn review di blog Nisa Rahmah.

6.    Buku yang akan dibaca bulan berikutnya, akan kita sampaikan saat review di bulan sebelumnya. Jadi, opsi buku bacaan bulan Februari akan disampaikan di postingan review bulan ini.

7.   Bagaimana kalau bukunya sudah pernah dibaca tapi kepingin ikutan? Kalian bisa baca ulang kok dan tetap boleh ikut seru-seruan bareng kita! :D Dengan catatan, review-nya kudu dibuat dan diposting ulang. Review terdahulu boleh direvisi dikit-dikit.

8.   Akan ada hadiah menarik dari saya dan Bintang buat yang rajin ikutan lho! Kami akan rekap akhir tahun nanti. So, kapan lagi ikut baca bareng, seru-seruan bareng, dan dapat hadiah kejutan! :D


9.   Terakhir, untuk buku yang akan kita baca bulan ini adalah... *jeng-jeng*




Come on! Join with us, and let’s say ‘BOOM! BOOM! BOOM!

2 komentar:

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)