Nabung Untuk Buku



Halo teman-teman.

Setelah saya aktif ngeblog gila-gilaan bulan kemarin, rasanya saya lagi kena writing block yang juga cukup gila-gilaan. Mungkin karena saya lagi mengejar deadline suatu tulisan, jadinya tenaga untuk menulis dialihkan ke sana semua. Semoga yang satu itu segera selesai supaya bisa nulis-nulis review dan ngeblog lagi. Amin. Dan untungnya, saya nggak ikutan malas baca, karena alhamdulillah bacaan saya lancar jaya. Namun, jadinya utang review-an semakin beranak pinak ini ya, ahahaha.

Baiklah, curhatnya sampai di sini saja.

Jadi, saya mau ikutan Read and Keep Challenge yang digagas oleh Mbak Alvina. Untuk satu buku, nggak peduli buku cetak atau buku digital, saya mau menyisihkan Rp. 10.000,- setiap kali selesai membaca buku. 



Selain ikutan challenge itu, saya juga mau menabung recehan di Receh Untuk Buku 2017, yang digagas oleh Mbak Maya Floria. Selama ini saya mendedikasikan recehan untuk bayar parkir. Tahun ini, mau dialokasikan untuk buku. Biar bisa beli buku tahun depan, hahaha.




Selain dua challenge itu, saya membuat challenge untuk diri sendiri. Yaitu, Nabung Untuk Buku. Setiap kali membeli buku cetak, saya akan menabung sebesar Rp. 25.000,- yang akan masuk ke dalam celengan. Saya buat challenge ini, agar nggak kalap terus-terusan timbunan buku saya sedikit berkurang. 2016 adalah tahun gila-gilaan membeli buku. Lagi pula, saya sudah langganan SCOOP Premium, punya akun iJak, iPusnas, Bookmate, yang pastinya bakal mengurangi jajan buku saya tahun ini. Sepertinya, nabung 25 ribu ini jadi nggak berat-berat banget. Kalau mau membeli buku baru, ada semacam punishment dari saya, yang untuk saya sendiri juga, kan? Jadi di thread ini, saya akan memasukkan list untuk men-track buku-buku apa saja yang sudah saya beli supaya di akhir tahun enak melacaknya. Dan juga sebagai barometer tercapai atau tidak challenge ini. Yang mau ikutan Nabung Untuk Buku boleh banget lho, terbuka untuk siapa pun. Dan challenge ini nggak berlaku bagi buku obralan atau diskonan yang melebihi 50%. (Alih-alih ditabung 25 ribunya, mending dibelikan buku mumpung diskon kan? Wkwkwk.) Juga buku-buku untuk saya berikan ke orang lain (giveaway atau hadiah).

Wah, kalau semua challenge itu terpenuhi sampai akhir tahun, bisa-bisa malam tahun baru saya bakal kaya raya nih, hahaha.


Oke, ini adalah list buku yang sudah saya beli tahun ini, per 6 Maret 2017:

1. P.S. I Like You by Kasie West
2. Asa Ayuni by Dyah Rinni
3. Bulan by Tere Liye
4. The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable by Adara Kirana
5. Semua Ikan di Langit by Ziggy Zesyazeoviennazabrizkie
6. Bajak Laut & Purnama Terakhir by Adhitya Mulya
7. Cinta & Kesialan-Kesialan by Lang Leav
8. Satu Hari Bersamamu by Mitch Albom
9. The Catcher in the Rye by J.D. Salinger
10. Kamu Cerita yang Tidak Perlu Dipercaya by Sabda Armandio

11. Sejarah Wahabi & Salafi by Khaled Abou El Fadl


Nah, bagaimana dengan kalian? Apakah kalian mau ikutan nabung untuk buku yang ada di atas atau kalian sudah menganggarkan sendiri budget untuk beli buku? Share yuk di kolom komentar.



8 komentar:

  1. wah keren banget , recehan buat beli buku, ide yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yuk ikutan 😁 sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit 😁

      Delete
  2. Boleh juga nih. Abisnya suka ngerasa berat kalau di beliin langsung gitu, apalagi mahasiswa yang nggg seret gitu dompetnya wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener banget 😁😁 aku sedang mencoba dan ternyata mengasyikkan.

      Delete
  3. Saya membudget untuk beli buku tidak lebih dari 200rb. Ini saya gunakan setiap bulan. Yah, hanya untuk 3-4 buku saja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kalau dihitung2 bisa lebih dari itu. Apalagi kalau ada diskon. Suka lupa diri.

      Delete
  4. Wah jujur saja susah banget buatnya hehe

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (40) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)