[#BBIHUT6] Karakter Fiksi Bernama Ethan

Saat membaca, saya biasanya sering menemukan detail yang barangkali tidak terpikirkan oleh yang lain. Misalnya, kemiripan nama dari buku-buku yang saya baca rasanya memang tidak mudah dilupakan oleh saya. Barangkali juga bagi para pembaca lainnnya. Lalu, mengapa saya membuat tulisan dengan tokoh bernama "Ethan"? Apakah nama itu istimewa dalam hidup saya? Ah, tidak juga, hahaha.

Pada gambar: Ethan Hawke (Aktor, Penulis, Sutradara)

Saya hanya punya satu kenalan bernama Ethan, itu pun sosok yang tidak nyata. Ethan adalah nama karakter rekaan teman saya di salah satu forum role playing fiction. Setiap buku berkarakter Ethan, saya selalu memberitahunya dan mengatakan kalau namanya jadi pasaran, hehehe. Tentu saja dalam koridor candaan. Pada kenyataannya, belakangan saya sering menemukan nama Ethan dalam karakter fiksi yang saya baca. Dan akhirnya, saya membuat ulasan ini karena menurut saya ini menarik. Setidaknya bagi saya, nama Ethan tidak cukup familier. Tidak seperti nama Ana, Sophie, atau Mia, misalnya. Namun ternyata, nama ini lagi booming dijadikan sebagai nama karakter fiksi (nah, unik, bukan?).

Inilah dia novel-novel fiksi yang salah satu tokohnya bernama Ethan:





Ethan adalah salah satu karakter di novel remaja Fairly. Di sini, sosok Ethan digambarkan sebagai cowok Luna, salah satu tokoh utama di sini. Ethan yang posesif, anak orang kaya, dan boleh saya katakan (menurut pendapat pribadi) bahwa Ethan adalah karakter yang menyebalkan; terlebih-lebih, dia cowok gila dan psikopat. Bagaimana tidak, si Ethan ini berani melakukan apa pun demi memuaskan keinginannya. Dan keinginan tersebut, cenderung tidak masuk akal. Seperti misalnya, memaksa untuk pindah sekolah dan melakukan apa saja demi bisa ada di sekolah cewek incarannya. Bahkan, harus satu kelas dengannya.

Untuk Ethan di novel ini, saya beri ✩ bintang.







Ethan di sini adalah tokoh figuran, yaitu cowok yang disukai oleh Sarah, si tokoh utama. Diceritakan bahwa Sarah Lemon tidak pernah mengenal konsep cinta sebelum bertemu Ethan. Untuk pemuda itu, Sarah bahkan melakukan banyak hal tanpa cowok itu ketahui. Sarah Lemon menghabiskan uang jajannya untuk bepergian jauh dari rumahnya, mengunjungi toko jam, demi memberikan hadiah kepada Ethan; sebuah jam tangan. Kepada tukang jam tersebut, diceritakannyalah tentang Ethan, di mana dia tidak mungkin bercerita kepada ibu atau teman-temannya. Sarah rela menghabiskan banyak waktu mempersiapkan dirinya hanya untuk bertemu cowok itu.

Karena Ethan di sini hanyalah tokoh pelengkap dan karakternya kurang digali, saya memberikan ★✩✩✩ bintang untuk pemuda dambaan Sarah itu.







Ethan adalah masa lalu bagi Winona. Ethan mantan kekasih dari gadis tokoh utama yang pekerjaannya sebagai food reviewer itu. Meskipun mereka sudah berpisah, tapi Ethan dan Winona masih menjalin hubungan baik. Mereka bahkan berteman. Dan sepertinya, Ethan masih memiliki keinginan untuk berbaikan dengan Ethan. 


Dalam novel ini, ada dua tokoh utama yaitu Aries dan Ethan. Meskipun Ethan banyak dibahas di sini, sayang sekali informasi tentangnya tidak muncul di blurb. Sepertinya, penulis lebih ingin menonjolkan karakter pria satunya, si Pria Rasi Bintang, yakni Aries. Padahal saya sebagai pembaca, lebih suka dengan Ethan ketimbang tokoh utamanya, hahaha. Maklum saja, suka dengan sebuah karakter kan subjektif bentuknya. 


Untuk Ethan di The Playlist, saya berikan ✩✩ bintang.







Lagi-lagi saya lebih menyukai Ethan si side character ketimbang tokoh utamanya. Setelah saya mengalaminya di The Playlist, pada novel remaja Sky, saya pun merasakan hal yang serupa. Ethan digambarkan sebagai sosok yang menyenangkan, menyukai fotografi, dan juga menyukai Lyn, si tokoh utama. Ethan yang mulanya adalah si stalker yang tertangkap basah oleh Lyn, menjadi akrab, dan menjadi sandaran Lyn ketika Kay, cowok yang disukainya menjauh. Ethan yang ceria, digambarkan sebagai sosok yang keren dan dinamis, lebih mencuri perhatian saya ketimbang Kay yang misterius dan dingin.

★★★✩✩ bintang untuk Ethan.





Bisa dibilang, dari semua Ethan yang saya kenal, saya paling menyukai Ethan Hall. Dia adalah seorang sutradara terkenal yang memiliki trauma terhadap sebuah kejadian yang pernah menimpanya. Dia terlibat sebuah hubungan pekerjaan yang rumit denga Julia Milano, seorang penulis merangkap editor di tempatnya bekerja. Novelnya menjadi best seller, tapi dia bersembunyi di balik identitas Jane Martin, nama penanya. Karena Ethan yang sudah sejak lama vakum dari dunia perfilman tertarik untuk mengangkat novel Julia ke layar lebar, otomatis membawa Julia pada kerumitan ini. Karena, walau bagaimanapun, Julia harus menutupi identitasnya sebagai sang penulis terkenal itu.

Saya memberikan ★★★✩ bintang untuk Ethan Hall.



Nah, itu dia ulasan saya tentang karakter fiksi bernama Ethan. Sebenarnya masih ada nama Ethan lain yang cukup terkenal, seperti misalnya Ethan Nakamura si anak Nemesis di serial Percy Jackson, dan beberapa Ethan lain yang samar teringat saat sedang menulis ini (tapi saya lupa dari karakter mana). 


Apakah kalian pernah menemukan Ethan-Ethan lain di buku yang kalian baca? Atau kalian pernah memikirkan hal yang sama tentang mengingat-ingat nama karakter sama dari buku-buku yang pernah kalian baca? Atau bahkan kalian mau memberi saya rekomendasi nama mana yang musti saya ulas untuk bahan Ngobras Buku lainnya? Silakan tinggalkan di kolom komentar, ya. :)



Postingan ini disertakan dalam #BBIHUT6 Blog Buku Indonesia dengan tema: Serba-serbi Buku atau All About Books, karena yang saya bahas adalah buku-buku dengan karakter bernama Ethan. (Masih masuk dalam tema, kan? ;))



17 komentar:

  1. Penderita yang lengah bisa mengira nama Ethan >> Setan :D .. Time Keeper - Mitch Albom bagus nggak kak? Cover lama cantik badasss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku Mitch Albom selalu baguuus XD Time Keeper juga bagus... pesan moralnya sampai tapi nggak terkesan menggurui. Apalagi, gambaran masa depannya tuh dapat banget (agak2 distopian dikit sih bukunya).

      Delete
  2. Kenapa Ethan sangat comot-able buat dijadiin nama tokoh novel? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saranku sih, jangan pakai nama Ethan dulu. Akhir-akhir ini jadi pasaran, wkwkw.

      Delete
  3. Begitu membaca ulasan ini, saya langsung search nama Ethan di blogku. Dan hanya Ethan di buku New York After The Rain yang sudah saya kenal. Banyak juga ya nama Ethan dipakai penulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lumayan banyak. Saya aja cukup kaget waktu membacanya :) Mungkin hanya sedang populer saja, karena nama Ethan cukup keren buat dijadikan nama tokoh utama :)

      Delete
  4. Ethan di Mitch Albom bikin kesal kak wkwk
    Kalau di New York aku setuju ratingnya 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bikin kesel banget, wkwkwk... soalnya gara2 dia kan si Sarah Lemon jadi *spoiler*

      Delete
  5. Ethan lagi naik daun deh kayak nya

    ReplyDelete
  6. Ethan... jadi inget sama sepupuku. Waktu dia hamil pengen banget nama anaknya nanti Ethan. Eh taunya malah yang keluar cewek. Tapi tetep aja, masih pengen namain anak keduanya nanti Ethan. Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus, namanyajadi Ethania? :)) Semoga anak keduanya nanti cowok :D Kalau di dunia nyata dan sekelilingku, kayaknya masih jarang yang kasih nama Ethan sih, jadi pasti oke banget tuh :)

      Delete
  7. Wow. Sebanyak itu ya yang pake nama karakter Ethan. Dan Nisa niat banget kumpulin semua buku bernama karakter Ethan. Aku malah kadang lupa nama karakter dari buku yang dibaca.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, karena namanya unik dan kebetulan dalam waktu berdekatan baca novel lokal yang namanya itu, jadi membekas di ingatan. Eh, pas search nama Ethan di blog sendiri, nemu banyak juga :D

      Delete
  8. menarik juga yah.. ngebahas banyak nama "ethan" di banyak novel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepingin bahas nama lain juga kalau nanti ketemu yang menarik :D

      Delete
  9. Aku sendiri agak kaget banyak nama Ethan di novel lokal, karena ini nama yang emang "bule" banget. Kalau di novel luar sih...banyak, hahahaha. Untuk aktor, kan ada juga Ethan Hawke :)

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)