The Runaway Jury

Judul : Juri Pilihan (The Runaway Jury)
Pengarang : John Grisham
Penerjemah : Hidayat Saleh
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku : 658 halaman
ISBN : 9789792261851
Rating : 4 dari 5





Di Biloxi, Missisipi, perusahaan rokok terkemuka digugat oleh seorang janda bernama Celeste Wood, dan pengacara terkenalnya Wendall Rohr. Pynex merupakan satu dari empat perusahaan rokok terkenal, The Big Four, yang digugat oleh janda tersebut atas kematian suaminya akibat mengonsumsi rokok. Pihak tergugat mengerahkan tim pengacaranya yang biasa menangani kasus serupa. Selain itu, ada pula orang-orang di balik layar yang turut menggerakkan dan mengarahkan kasus ini supaya mereka dapat memenangkan persidangan. Tidak hanya kedua belah pihak itu saja yang bersengketa, perusahaan-perusahaan besar lainnya, dan para pihak lain ikut menggantungkan nasib mereka atas hasil persidangan ini.

Di pihak tergugat, mereka menyewa Cable sebagai pengacara, dan membayar Rankin Fitch, selaku orang di belakang layar yang mengatur jalannya persidangan di luar tempat sidang dengan akal bulusnya yang licik. Kedua belah pihak memasang strategi terutama dalam hal memilih para juri yang sekiranya dapat mereka pengaruhi dalam pengambilan keputusan.

Dalam pengadilan Amerika, sebagai pengambil keputusan atas hasil persidangan adalah 12 juri warga sipil yang mendaftar sebagai juri, terlibat dalam proses persidangan hingga pengambilan putusan. Dari ratusan orang, mereka menyaring melewati beberapa tahap, hingga pada 15 orang juri, 12 orang juri tetap, dan 3 orang cadangan. Kedua belah pihak yang bersengketa menganggarkan dana untuk penyelidikan juri ini, terkait dengan kehidupan pribadi mereka, hingga ke hal-hal yang rahasia yang itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Adalah Nicholas Easter, salah satu juri terpilih. Seseorang yang mengaku pernah belajar hukum di universitas, dan kini bekerja sebagai penjaga komputer. Nicholas berhasil mencuri perhatian juri-juri lain karena pengetahuannya seputar hukum dan persidangan. Ia juga pintar mengambil hati juri lainnya. Namun bagi kedua belah pihak, Nicholas adalah sosok misterius yang tidak terlacak riwayat hidupnya, bahkan oleh Fitch yang memang pekerjaannya adalah mengintai para juri. Kehadiran Nicholas masih saja menjadi misteri, namun tetap tidak terbaca; di pihak manakah ia berada? Membela penggugat, ataukah sebaliknya.

Misteri tidak hanya sampai di situ saja. Ada sosok lain, seorang wanita di luar sana yang mengaku memiliki kendali atas jalannya persidangan. Wanita itu mengaku bernama Marlee. Mula-mula ia menghubungi Fitch untuk membeberkan sebuah fakta yang mengejutkan. Dimulai dengan ia secara jelas memberitahukan informasi baju apa yang Nicholas kenakan pada persidangan esok hari, atau buku apa yang dibawah Jerry saat memasuki ruang sidang. Fitch terkejut dengan kebenaran fakta tersebut dan penasaran pada sosok wanita misterius tersebut.

Selanjutnya apa yang terjadi pada persidangan itu adalah sesuatu yang tidak lazim terjadi pada persidangan-persidangan sebelumnya. Para juri dikarantina, satu per satu juri cadangan maju akibat beberapa juri utama gugur dalam persidangan. Marlee mengklaim sebagai pihak yang bertanggungjawab atas apa yang terjadi. Siapakah Marlee? Untuk apa dia melakukan hal ini? Apa hubungannya dengan Nicholas? Dan apa motifnya? Semua dikisahkan dengan menarik, tidak bosan, sampai detik terakhir bahkan sulit ditebak untuk pihak mana Nicholas berada dalam persidangan tersebut.



Seru, keren, menarik. Dalam buku ini juga dijelaskan tentang fakta tentang bahaya rokok, bagaimana jalannya persidangan di Amerika, juga banyak hal yang disajikan dengan begitu menarik. Ini buku John Grisham pertama yang saya baca, bertemakan seputar pengadilan dan industri rokok. Benar-benar menambah pengetahuan seputar itu. Twistnya nggak bisa ditebak, endingnya juga bikin penasaran bahkan di detik-detik terakhir. Seru sih, nggak nyangka aja kalau ternyata otak di balik semua perencanaan ini adalah (nggak mau spoiler).

0 komentar:

Post a Comment

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)