Dilan Bagian Kedua; Dia Adalah Dilanku Tahun 1991

Judul : Dilan Bagian Kedua; Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
Pengarang : Pidi Baiq
Penerbit : PT Mizan Pustaka
ISBN: 9786027870994
Tebal : 344 Halaman
Rating : 4 dari 5



Ini adalah episode kedua dari Novel Dilan Part 1. Jadi, setelah penuh dengan cerita manis seputar pendekatan Dilan ke Milea yang manis dan lucu, mereka berdua memasuki babak baru, yakni saat keduanya sudah menjalin hubungan alias pacaran. Di dalam kisah ini, tentu saja kita masih bisa menikmati romantisme khas tokoh Dilan yang, begitulah... susah untuk dijelaskan. Dilan ya juga masih Dilan yang sama, suka berantem, ikut geng motor. Di sini, seolah kita disadarkan kalau, bulan purnama itu tidak hanya memiliki sisi terang, juga ada gelapnya yang terlihat. Yeah, kalau suka Dilan yang baik-baiknya, musti terima paketan lainnya juga.

Di Novel ini, kisah kocaknya Dilan kurang, justru banyak menangis-menangisnya. Kisah Dilan kurang menonjol dan lebih banyak patah hatinya Milea. Banyak tokoh lain juga yang muncul, sebagai pihak yang suka sama Milea. Ada Yugo, saudara jauh Milea yang cakep (bapaknya orang Belgia), terus mantannya Milea juga muncul lagi numpang lewat, Beni ya kalo nggak salah namanya, ada pak gurunya juga yang saya juga lupa namanya. Pokoknya, Milea benar-benar idola banget. Mungkin dia semacam Cinta (Dian Sastro) di Ada Apa Dengan Cinta. Cantiknya, populernya, begitulah.

Jadi, cerita mereka pada saat pacaran, diwarnai dengan banyaknya orang-orang yang berada di luar. Tapi toh, tantangannya ada di dalam diri mereka sendiri. Terutama Dilan. Dilannya nggak mau dikekang sama Milea. Apalagi soal geng motornya dan tawurannya yang masih nggak mau hilang dari Dilan meskipun dia sudah pacaran sama Milea. Meskipun, Mileanya sudah pernah mengancam mau putus kalau Dilan masih saja ikut tawuran.

Karena tawuran ini, Dilan dikeluarkan dari sekolah. Dilan juga sampai ditahan polisi selama seminggu. Tapi, tidak membuat hubungan mereka berhenti begitu saja, jalan terus. Jujur ya, ceritanya agak monoton dan cengeng. Karena Milea galau terus, nangis terus. Bingung sama orang-orang yang dekatin dia, bingung sama Dilan. Begitulah. Baru kerasa gregetnya di kira-kira sepertiga akhir. Saat... (nggak mau spoiler), yang menjadi titik puncak semuanya. Kemarahan Milea sama Dilan sampai mereka akhirnya benar-benar putus, bukan sekadar ancaman lagi. Sebenarnya Milea benar sih, dia hanya ingin yang terbaik buat Dilan, tapi di sisi lain, Dilannya nggak mau dirinya dikendalikan, dikekang, atau apa itu istilahnya. 

Cuma bagian sedihnya... (ini spoiler lagi sih, tapi secara umum orang-orang udah pada tahu sih ending novel ini bagaimana), ah pokoknya itu sedih banget. Sampai...

Hai, Dilan. Saat itu, ketika aku bertanya-tanya tentang kamu, apakah kamu juga bertanya-tanya tentang aku? Di saat aku sedang merasa rindu, apakah kamu juga merasakan hal yang sama, meskipun kamu sudah senang dengan kehidupan barumu?

Huaaaa.... Saya masih sedih karena memang, ekspektasi siapa pun yang baca novel ini saya kira tidak sesuai dengan ending yang ada.

Tapi saya senang, ketika saya ikut emosional ketika baca sesuatu, artinya buku itu berkesan. 

7 komentar:

  1. Halo mbak:))
    Setelah baca Dilan 2 ini emang bener-bener dibikin sedih, beda banget kayak waktu baca Dilan 1 yang bikin senyum senyum dan ngakak sendiri bikin gereget hahaha. Dilan 3 nya bakalan gimana ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini beda banget sama Dilan 1 yang bener-bener bikin ketawa =)) Semoga nggak kalah keren ya sama dua buku sebelumnya :)

      Delete
  2. Waah bakal ada dilan 3 juga ternyata mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ada mba, udah keluar bulan lalu. Baca bacaaaa, semua pertanyaan yg muncul di novel dilan yg kedua kejawab di novel ini :')

      Delete
    2. Kepingin baca tapi kehabisan stoknya =)) *sabar menanti*

      Delete
  3. Waah bakal ada dilan 3 juga ternyata mba?

    ReplyDelete
  4. Keren nih novel udah baca tapi blom tamat hehe

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)