[Ngobras Buku] 6 Novel yang Tokohnya Seorang Penulis




Halo teman-teman. Rasanya lama sekali saya nggak buat topik tentang Ngobras Buku. Kali ini saya mau bahas tentang novel-novel yang bertemakan tentang dunia kepenulisan, atau lebih spesifiknya adalah novel-novel yang tokoh utamanya seorang penulis. Saya nggak akan ngambil judul buku jauh-jauh ya, hanya dari buku-buku yang pernah saya baca saja, sekaligus me-review ingatan tentang buku-buku apa saja yang pernah dibaca dan ditulis ulasannya oleh saya.

Sebelum membahas ke sana, saya mau kasih pendapat terlebih dahulu tentang tema ini. Menurut saya pribadi yang masih belajar untuk menjadi seorang penulis, mengambil tema pekerjaan si tokoh sebagai seorang penulis itu mudah. Penulis (sungguhan) tidak perlu susah-susah riset tentang pekerjaan itu karena memang itulah yang sedang si penulis kerjakan. Dunia seputar mencari ide dan tema cerita, writing block, berhubungan dengan editor atau dunia penerbitan, lekat sekali dengan kehidupan penulis. Jadi, bisa dibilang, tinggal bagaimana mengemas dunia yang familiar oleh si penulis menjadi sesuatu yang menarik dan dapat dinikmati oleh pembacanya.

Nah, kita mulai saja ya, berikut adalah novel-novel yang tokoh utamanya adalah seorang penulis:





Cover buku ini manis sekali, mesin ketik, bunga mawar di atas buku, dan segelas kopi. Jika kau suka menulis, tentunya akan familiar dengan kaitan antara si cover yang cantik ini dengan isinya. Bercerita tentang Julia Milano yang seorang penulis terkenal di belakang nama Jane Martin. Sebenarnya dia seorang editor, dan di tempatnya bekerja, seorang editor tidak boleh merangkap menjadi penulis. Maka jadilah dia berlindung di balik nama samaran itu. Konflik terjadi ketika dia harus bersinggungan dengan seorang sutradara yang ingin mengangkat novelnya ke layar lebar, yang ternyata ada hubungannya dengan masa lalu yang menimpa Julia.





Sama halnya dengan New York After The Rain, Bleu juga mengangkat cerita seorang penulis merangkap editor di tempatnya bekerja. Bedanya, Rhys si tokoh utama perempuan, bekerjanya di sebuah kantor penerbitan yang baru berkembang. Dia jatuh cinta dengan teman seprofesinya, namun karena sesuatu dan lain hal, menyebabkan mereka terpisah dan harus bertemu kembali karena proyek film yang diangkat dari novel (pula). Well, saya justru baru menyadari kesamaan premis ini, meskipun dalam hal eksekusi dan target pasarnya berbeda. Jika Vira Safitri (penulis NYATR) mengemas novelnya mirip seperti novel terjemahan, Deasylawati (penulis Bleu) sepertinya menargetkan pasaran novel ini lebih ke pembaca novel religi islami.





Karena novel ini, saya jadi jatuh cinta dengan tulisan Cecelia Ahern. Berbeda dengan kedua novel di atas yang karakternya seorang penulis cerita fiksi, Kitty Logan merupakan penulis surat kabar di Etcetera. Selain sebagai wartawan, dia juga bekerja di acara Thirty Minutes, talkshow yang dikelola oleh jaringan yang sama dengan surat kabarnya. Kitty menghancurkan karirnya sendiri setelah dituntut akibat pernyataannya di acara tersebut. Sebagai penyelamat reputasi dan karirnya, dia diminta untuk membuat sebuah liputan tentang seseorang yang penting di Etcetera yang baru saja meninggal karena kanker. Misi yang mustahil tersebut mengantarkannya pada beberapa nama yang harus dia wawancarai tanpa mengetahui apa kelebihan dari orang-orang tersebut dan bagaimana kaitan mereka semua dengan keseluruhan kesimpulan wawancaranya.





Novel pemenang lomba Amore ini tokoh utamanya seorang penulis thriller yang jatuh cinta dengan seorang pria yang tinggal tidak jauh dari cluster tempat tinggalnya.





Cerita tentang Chi-hon dan ibunya yang hilang itu benar-benar menyayat hati. Bagaimana perjuangan sang ibu untuk anak-anaknya sehingga Chi-hon, salah satu anaknya berhasil menjadi penulis terkenal. Bagaimana ibunya meminta tolong pada seorang penjaga panti asuhan untuk membacakan sebuah buku padanya--yang mana itu adalah buku yang ditulis oleh Chi-hon, anaknya.






Novel ini bisa dibilang salah satu favorit saya, jyahahaha. Bagaimana tidak, ceritanya lekat sekali, meskipun berasal dari zaman yang berbeda. Intinya, Minerva jatuh cinta dengan seseorang, tapi dia mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang itu. Akhirnya, si Minerva menjadikan pria itu sebagai tokoh utama dalam novel-novelnya yang terkenal. Pria itu digambarkan sebagai penjahat namun memesona. Dan ternyata si pria sadar kalau dia adalah tokoh yang diciptakan Minerva dalam kisah-kisah fiksinya. Seru hahaha.


Nah, itu dia enam novel yang tokoh utamanya penulis. Kalian suka yang mana? Apa kalian punya rekomendasi atau cerita seputar buku-buku bertokoh penulis yang menarik untuk direkomendasikan? Share di bawah ini ya....


___________
(Source pict, edited by me)


11 komentar:

  1. wow sangat informatif, pengen banget baca buku yang tokoh utamax penulis And those all book recomended, thanks kak

    btw follback blik kak (klu bsa) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Edelweis, makasih udah berkunjung dan meninggalkan komentar :D

      Iya, buku-buku di atas recommended kok, kalau mau tahu lebih lanjut bisa klik di tautannya ;)

      Anyway, udah difolback ya blognya, semoga bisa saling berkunjung ;)

      Delete
  2. Dari semua buku di atas, aku baru baca Sincerely Yours. Tapi kalau bicara ttg novel yang tokoh utamanya seorang penulis, beberapa di antaranya ada FRANKFURT (Ninna Rosmina, seri #city #alovestory), London dan Angel in The Rain, tokohnya utamanya: Ayu, itu kan juga seorang penulis. Lalu apalagi yaa?? Kayaknya ada deh novel lain yang uda aku baca, yang tokoh utamanya penulis. Lupaaa tapii, hisshhh *padahal baru 18, uda pikun* wkwkwkwk

    Ntar kalo inget deh disambung lagi hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you rekomendasinya Bin. Kemarin belum berjodoh sama Frankfurt hahaha, semoga ada kesempatan buat bacanya. Sama novelnya Kak Windry juga.

      Delete
  3. Buku di atas yang sudah saya baca hanya New York After The Rain.

    Buku lainnya yang menggunakan profesi penulis yang sudah saya baca adalah The Girl on Paper karya Guillaume Musso dan Senja di Langit Ceko karya Kirana Kejora. Coba deh baca kedua buku itu, akan sangat mengesankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka lho sama New York After The Rain :))

      Ah oke The Girl on Paper wishlist saya, semoga bisa berjodoh dengan buku itu. Senja di Langit Ceko juga bolak-balik lihat di Gramedia. Thanks rekomendasinya Kak Adin.

      Delete
  4. Saya belum pernah membaca ke-6 novelnya, tapi saya tertarik untuk membaca novel Bleu dan New York After Rain. Terima kasih bahasan obrasnya kali ini karena membuat saya ingin hunting kedua buku tsb. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :D kedua buku itu bagus kok =)) semoga segera berjodoh sama bukunya yaa ;)

      Delete
  5. Belum ada yang pernah kebaca. Buku yang tokoh utamanya penulis bisa ngerasain ke pembaca ttg keseharian retinitis mereka, ide cerita spt ini bagus menurutmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, jadi kenal dunia tulis-menulis =)) Yuk Aya baca, beberapa dari judul itu favoritku lho :D

      Delete
  6. Belum ada satu pun yang pernah saya baca, tapi kayaknya yang terakhir paling seru ya. Btw, kalo buku yang pernah saya baca yang tokoh utamanya penulis, yang saya ingat itu, bukunya Bernard Batubara, judulnya saya lupa. HHEHE. Ada buku lain juga sih tapi udah lupa soalnya udah lama banget ninggalin perpustakaan kecil saya di rumah. :(

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)