[Giveaway] Novel Filsafat Karya Jostein Gaarder



Hallo, assalamulaiakum semuanya.

Sesuai janji saya, bahwa setelah selesai baca novel Misteri Soliter karya Jostein Gaarder, saya akan mengadakan giveaway untuk para pembaca blog saya. Kenapa saya mau bikin giveaway? Sederhana saja, sedekah buku akan mendapatkan buku juga (aamiin).

Giveway ini juga dalam rangka syukuran rumah baru. Beberapa hari yang lalu lagi ganti skin blog, ya anggap saja peresmian yang nggak resmi gitu =)) Pokoknya banyak yang dirayakan, jadi tidak ada salahnya berbagi, bukan? Sekalian saya mau terima kasih sama Kak Orin yang udah berbaik hati mau buatkan kartun lucu yang saya pakai di header blog ini ;)

Ada satu buah buku yang akan saya berikan kepada yang tepilih (kalau misalnya partisipan lebih dari 50 orang, saya akan pilih dua orang yang masing-masing orang akan mendapatkan satu buku, semoga yang ikutan banyak ya, aamiin.). Tapi, berhubung giveaway ini ada kaitannya dengan event baca buku bareng bulan Maret yang diadakan oleh Blogger Buku Indonesia (BBI), dan yang saya baca adalah buku Misteri Soliter karya Jostein Gaarder, maka hadiahnya adalah berupa satu buah buku karya Jostein Gaarder, bukunya bisa dipilih sendiri di antara buku-buku ini:


Syaratnya? Mudah sekali, cek ketentuannya di bawah ini ya:


  1. Giveaway ini hanya untuk kalian yang berdomisili di Indonesia.
  2. Follow blog saya melalui akun Google Friend Connect yang ada di sidebar blog ini.
  3. Share giveaway ini di akun twitter kalian. Jangan lupa mention saya di @niesya_bilqis yaaa. (Nggak wajib follow twitter saya, tapi kalau mau follow, silakan. Soalnya saya akan menginformasikan giveaway lainnya di sana.)
  4. Pilih buku yang kalian inginkan. Caranya? Pergi ke tautan review saya (linknya ada di atas), silakan meninggalkan jejak di sana (boleh berupa komentar atau sekadar numpang ninggalin jejak, asal bukan spamming ya.) Kalau komentar kalian lebih di satu review-an (atau kalian minat di lebih dari satu judul buku), hadiahnya akan saya pilihkan. 
  5. Jawab pertanyaan di bawah ini dengan menyertakan: nama, akun twitter, domisili, dan link share giveaway (link komentar tidak usah karena nanti akan saya cek langsung).
  6. Giveaway ini akan berlangsung selama satu minggu dari tanggal 31 Maret hingga 7 April 2016. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan satu hari setelahnya yaitu 8 April 2016.

Pertanyaannya adalah:
Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian.

Ditunggu partisipasinya ya.




24 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. nama : Vanda Deosar
    akun twitter : @vandeosar
    domisili : Jakarta
    link share giveaway : https://twitter.com/vandeosar/status/715478541085749249

    Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Tapi, itu kalau kata wikipedia,k kalau kata aku, filsafat itu berarti ilmu mempelajari semua agama dan biasanya tidak diterima secara kritis. Lalu, filsafat itu biasanya rumit. Butuh iman yang kuat untuk memperdalam filsafat, jadi segitu aja yang saya tau. Karena, iman saya belum kuat dan ngeri kalau belajar Filsafat ahahaha.

    ReplyDelete
  3. Nama : Ama Affandi
    Twitter : @ama_affandi
    Domisili : Bojonegoro, Jatim
    Link share giveaway :https://twitter.com/ama_affandi/status/715543440067440641?s=09

    Satu kata yg langsung terlintas ketika mendengar kata "filsafat" adalah "pikiran"

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Halo Kak Nisa, perkenalkan;
    Nama: Celina F.Yuwono
    Twitter: @sampanbiru
    Domisili: Tangerang Selatan, Banten
    Link shared: https://twitter.com/sampanbiru/status/715564929223274496
    Buku yang Diinginkan: Misteri Soliter

    Hidup.
    Filsafat adalah seni manusia memandang sesuatu dalam hidup. Secara tidak sadar semua orang melakukan sesuatu yang berbau filsafati dalam hidupnya. Contohnya saja orang yang suka memandang orang lain dari penampilan fisik dan merek barang yang dikenakan disebut penganut paham filsafat materialistis. Waw Waw Waw kaget bukan? (padahal ngga kaget -_-)

    Filsafat hadir di setiap gerak-gerik manusia, filsafat adalah seni berpikir dan memposisikan diri(menjadi sesuatu atau berada di sesuatu). Tapi sayang sekali banyak orang yang menilai bahwa belajar filsafat berat dan membotakkan, padahal memang iya.

    Beberapa filsuf yang tenar adalah Archimedes yang mengemukakan bahwa jumlah massa air yg tumpah=massa benda yg masuk, Pitagoras dengan rumus segitiga sikunya, adapula Karl Marx dengan paham sosialisnya. Mereka semua filsuf dengan cara pandang terhadap dunia di bidang masing-masing. Waw, waw keren kaan!

    Aktris Dian Sastrowardoyo juga lulusan filsafat di salah satu univ negeri terkemuka di Indonesia, oleh karenanya dia bisa dengan mudah menguasai peran di film layar lebar. Karena ilmu filsafati, dia bisa memposisikan diri untuk menjadi karakter manusia lain.

    Kata mama saya, filsafat adalah ilmu pencarian kebenaran dalam berkehidupan.
    Kalau kata Pram, apabila menyangkut menyangkut ideologi(filsafat kehidupan manusia) maka lenyaplah batas-batas ketatanegaraan, regional, internasional maupun nasional, karena dia hidup dalam benak pribadi perorangan.
    Tidak ada yang salah maupun absolut-benar dalam filsafat karena itu tergantung sudut pandang tiap manusianya.

    Yaaak, semoga Tuhan menjawab doa saya lewat kakak yaaa. Maaf ya panjang, jadi kentang nih. hehehe, nice to meet you ya kak :D

    Jadiiiiii, sadarkah bahwa kita semua adalah filsuf yang tidak pernah belajar filsafat? eheheheeheh~

    ReplyDelete
  6. Nama: Vinia Dayanti
    Akun Twitter: @viniapurba
    Domisili: Jambi
    Link Share: https://twitter.com/viniapurba/status/715585885614374913?s=17

    "Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian"
    Jawaban: yang terlintas dalam benak saat mendengar kata "filsafat" adalah ribet.
    Alasannya karena saya pernah mempelajarinya di perkuliahan dan jujur belajar filsafat itu sangatlah ribet dan rumit. Apalagi kalo udah bahas pemikiran dari para filsuf, waduh njelimet banget deh. It's okay kalo filsafat itu membahas tentang pencarian akan sesuatu atau kebenaran, tapi bahasa dan maknanya itu loh sulit dan mendalam. Bisa-bisa ga diartiin satu kata bisa mengubah makna satu kalimat filsafat.

    ReplyDelete
  7. Wardah
    @bungaoktober_
    Jogja
    https://twitter.com/bungaoktober_/status/715791527948193792

    Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian.

    Jawaban pencitraan: hakikat. Yah, biar gimana pun filsafat itu kan semacam mencari hakikat segala sesuatu, mulai dari kehidupan hingga hal metafisika, kan? Filsafat bisa berupa ilmu, pengetahuan, penyelidikan, hingga gagasan. Bahkan kata ini identik dengan pandangan hidup. Namun, menurut saya sejatinya filsafat itu berarti "hakikat", alias intisari atau dasar.

    Jawaban tanpa pencitraan: dosen saya. Eh tunggu, itu dua kata ya. Hmm ... kalau "dosen" doang bakal jadi terlalu umum. Namun, saya juga nggak bisa menyebutkan nama beliau. Yaudah, 'beliau' saja ya.

    Kenapa saya langsung terpikir beliau ketika mendengar filsafat? Jawabannya mudah, 1) beliau mengajarkan saya mata kuliah filsafat, 2) beliau selalu menekankan 'hakikat' di setiap materi yang beliau sampaikan (bahkan dalam diskusi-diskusi luar kelas atau diskusi umum), dan 3) filsafat sudah seperti kehidupan beliau. Jadi, kata ini nggak bakal lepas dari sosok beliau dalam kepala saya. Saya bahkan pernah sampai keblenger ketika bertanya sesuatu dan balik ditanya macam-macam (hakikatnya apa, maksud dari bagaimana yang kamu sampaikan apa, intinya bagaimana, dll, yah semua pertanyaan yang butuh pemikiran mendalam padahal tergolong pertanyaan dasar). Sosok yang keren! Semoga beliau sehat walafiat selalu.

    Terima kasih atas kesempatannya, Kak. Semoga Kak Nisa sukses selalu! :)

    ReplyDelete
  8. Nama: Arie E. Pradianita
    Twitter: @APradianita
    Domisili: Sukabumi (Jawa Barat)
    Link Share: https://twitter.com/APradianita/status/715808740486807553

    "Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian?"

    FILSAFAT = "PENGETAHUAN", karena:

    Sebagaimana pendapat umum, bahwa filsafat adalah pengetahuan tentang kebijaksanaan dan prinsip-prinsip mencari kebenaran. Berfilsafat berarti berpikir rasional-logis, mendalam dan bebas (tidak terikat dengan tradisi, dogma agama) untuk memperoleh kebenaran.

    Filsafat sebagaimana pengertiannya semula termasuk bagian dari pengetahuan, sebab pada permulaannya filsafat identik dengan pengetahuan (baik teoretik maupun praktik). Akan tetapi lama kelamaan ilmu-ilmu khusus menemukan kekhasannya sendiri untuk kemudian memisahkan diri dari filsafat. Gerak spesialisasi ilmu-ilmu itu semakin cepat pada zaman modern, pertama ilmu-ilmu eksakta, lalu diikuti oleh ilmu-ilmu sosial seperti: ekonomi, sosiologi, sejarah, psikologi dan seterusnya.. ^_^

    ReplyDelete
  9. nama : Puput
    akun twitter : @andhikakap
    domisili : Surabaya
    link share giveaway : https://twitter.com/andhikakap/status/715896558269521921

    Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian.

    Jawabannya: Daun.

    Daun sebenarnya dari pelajaran filsafat waktu kuliah. Paling aku ingat, soal bagaimana kamu menelaah daun itu. Apa yang kamu dapatkan di sana dan bagaimana kamu memenuhi ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Di sisi lain, saya memandang daun itu seolah-olah bagaimana filsafat berjalan. Seperti ketika dia gugur dari dahan, tertiup angin, hanyut terbawa derasnya arus sungai dan tenggelam di dasar muara sungai; masing-masing punya kecepatan yang berbeda.

    ReplyDelete
  10. Khoyul
    @JKhoyul
    Blitar Jatim
    https://twitter.com/JKhoyul/status/715914261525045249

    satu kata ya?

    "Olah pikir"

    ReplyDelete
  11. Nama : Asep Nanang
    Twitter : @asepnanang59
    Domisili : Sumedang, Jawa Barat
    Link share : https://twitter.com/asepnanang59/status/716383253075132417?lang=id

    Satu kata yang terlintas dalam pikiran saya adalah "Tenggelam"
    Alasannya sederhana, banyak teori filsafat yang bermunculan dari proses tenggelamnya seseorang ke dalam pikirannya.

    ReplyDelete
  12. Nama: Amanda Putri Aprilia
    Twitter: mandachan123
    Domisili: Palembang, Sumsel
    Link: https://twitter.com/MandaChan123/status/716854528016916480

    "Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian."

    Filsafat bagi saya adalah makna. Bagaimana cara kita memaknai sesuatu, mencari hakikat sesuatu. Filsafat adalah satu hal yang tidak bisa kita pisahkan dari hidup kita, bukan hanya sekedar ilmu yang mempelajari tentang teori-teori yang membingungkan. Bagaimana kita memandang sesuatu, memahami sesuatu adalah filsafat, termasuk mencari jati diri. Semua manusia tanpa kita sadari adalah filsuf dengan cara mereka sendiri.

    ReplyDelete
  13. Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian?

    Jawaban :
    Satu kata yang terlintas dalam benak saya saat mendengar kata "Filsafat" adalah Kekuatan.

    Kekuatan? Iya, kekuatan. Sebagaimana dari buku pengantar filsafat yang pernah saya baca (dari buku ini pula saya mulai berkenalan dan kemudian menyukai bahasan tentang filsafat, (Filsafat Umum, Akal dan Hati Sejak Thales sampai Capra karya Prof. Dr. Ahmad Tafsir)), pada dasarnya, keadaan dunia yang begini ini ada yang mewarnainya dan kekuatan yang mewarnai itu yang pertama adalah Agama dan yang kedua adalah Filsafat. Filsafat sebagai sumber pengetahuan (dimana tergabung di dalamnya : metafisika, logika, retorika, ekonomi, politik, dan estetika), dan Agama sebagai pedoman/peraturan tentang cara hidup, baik lahir maupun batin yang menekankan rasa iman atau kepercayaan.

    Nama : Wiwi Widiani
    Akun Twitter : @wiiidiani
    Domisili : Sumedang, Jawa Barat
    Link Share Giveaway :
    https://twitter.com/wiiidiani/status/716865465490866177


    Sudah follow mba Nisa juga di GFC #30 (Widiani Widiani) dan di Twitter (@wiiidiani), boleh banget FollBack kalau gak keberatan, hehe... Salam kenal ya... Terima kasih dan sukses untuk giveawaynya, semoga saya bisa beruntung :)

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Nama : Daivara Rezuki Wijaya
    Akun Twitter : @dairezuki
    Domisili : Cirebon
    Link Share : https://twitter.com/dairezuki/status/716868754898968576

    Kalau mendengar kata "filsafat", sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian.

    Sebenarnya bukan satu kata yang langsung terlintas dalam pikiranku, yang terlintas malah sebuah film sekaligus novel yang pernah ku tonton dan baca 😂 yaitu, Filosofi Kopi. Film yang di bintangi Chicco Jerikho dan novel yang di tulis Dee Lestari. Aku berpikir mengenai Filosofi Kopi karena aku malah teringat filosofi. Satu arti namun beda kata dalam suatu bahasa. Filsafat atau filosofi merupakan pemikiran kritis mengenai kehidupan. Jadi, ada dua kata yang terlintas dalam pikiranku, Filosofi Kopi.

    Sekian, terima kasih:)

    ReplyDelete

  16. Yeyen Nursyipa | @YeyenNursyipa | Bandung
    Link Share : https://twitter.com/YeyenNursyipa/status/716993955368402944

    kalau mendengar kata “filsafat” sebutkan satu kata yang langsung terlintas dalam benak kalian.

    Cogito ergo sum. aku berpikir maka aku ada.

    ReplyDelete
  17. Kitty | @womomfey | Jakarta
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/717481234549452801


    Kalau mendengar kata "filsafat", yang langsung terlintas dalam benakku adalah Dunia Sophie. Yup! Jujur saja, karya Jostein Gaarder yang satu ini sudah begitu dalam membekas dalam benakku sejak pertemuan pertama kami. Kala itu aku baru saja duduk di bangku kuliah tingkat pertama. Filsafat adalah hal yang tidak terlalu aku sukai karena menurutku terlalu berat. Namun persepsiku ini langsung berbalik 180 derajat ketika dalam mata kuliah umum Filsafat Dasar, sang dosen meminta kami untuk membaca Dunia Sophie.

    Awalnya kupikir akan sangat membosankan sekali membaca sebuah buku filsafat, tapi ternyata dugaanku salah besar! Aku tenggelam dan begitu larut dalam Dunia Sophie dan persepsiku mengenai filsafat banyak diluruskan melalui Sophie. Aku benar-benar jatuh cinta pada Dunia Sophie.Dan kini saat aku mengetahui bahwa Mizan menerbitkan lengkap karya-karya Jostein Gaarder lainnya, aku begitu bersemangat untuk membaca semuanya.

    ReplyDelete
  18. Nama: Ratna Nur Oktavina Sari
    Twitter: @happyfamily27
    Domisili: Kota Malang, Jawa Timur
    Link share: https://twitter.com/happyfamily27/status/717982445065408512

    Rumit. Itulah yang terlintas dibenak saya saat kata filsafat disebutkan. Saya benar-benar nggak paham apa itu filsafat (tapi ngotot buat ikutan giveaway nya Kakak ini, hehe). Mungkin kata “rumit” tersebut muncul karena keawaman saya akan filsafat. Hanya sekedar “sok tahu” dan menebak-nebak bahwa filsafat itu adalah ilmu tentang kehidupan, mungkin. Hanya sekedar tahu pula bahwa salah satu filsuf adalah Ibnu Sina (kebetulan pernah belajar sedikit soal Ibnu Sina ini). Tapi setelah iseng tanya sama mbah Go*gle, ternyata: “Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar”. Saya juga pernah dengar beberapa nama filsuf disebutkan yang kebanyakan berasal dari Jerman seperti Nietzsche, lantaran teman dekat saya yang jurusan sosiologi gemar sekali membaca buku-buku filsafat sampai punya mimpi untuk melanjutkan sekolah di Jerman. Kadang suka salut sama mereka-mereka yang doyan baca buku filsafat, heran, kok bisa kuat otaknya baca buku-buku bergenre filsafat tersebut.

    Meskipun saya bukan penggemar buku filsafat, semoga saya beruntung mendapatkan buku ini sebagai sarana pengenalan terhadap dunia filsafat, apalagi dikemas dalam bentuk novel fiksi bukan buku-buku filsafat non-fiksi.

    Terimakasih, Kak, telah mengadakan GA ini.

    ReplyDelete
  19. Esti
    @estiyuliastri
    Mojokerto
    https://twitter.com/estiyuliastri/status/717990555607629824

    Satu kata yg terlintas: teka-teki
    Seperti pertanyaan2 ringan seputar kehidupan, yg mungkin semua manusia juga bertanya-tanya dalam benaknya, seperti: kenapa kita diciptakan ke dunia, kenapa manusia mengejar-ngejar uang, seperti apa kehidupan kita setelah meninggal, dll. semuanya itu menurutku adalah teka-teki, yang misterius dan rumit :) namun bisa dinalar dan dipelajari jawabannya, dalam ilmu bernama FILSAFAT.

    ReplyDelete
  20. Nisa, ikutan yah. Jarang-jarang ikutan GA, tapi pengen ramein yang ini xD

    Nama: Orinthia Lee
    Twitter: @orinthialee
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/OrinthiaLee/status/718000410980589568
    Jawaban:

    Jujur saja tiap mendengar kata filsafat yang muncul di otak saya adalah sesuatu yang rumit, ngejelimet, harus mikir dan melelahkan. Makanya selama ini saya selalu tanpa sadar menghindar dari membaca novel-novel karya Gaarder. Tapi setelah membaca review-review kamu, dan sinopsis-sinopsis dari buku-buku beliau, saya kok merasa sepertinya saya justru akan menyukai buku-buku tentang filsafat ala Jostein Gaarder, ya? Itulah kenapa saya jadi memberanikan diri untuk nimbrung di sini. Siapa tahu memang saya ternyata berjodoh dengan filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  21. Nama: Rissa
    Twitter: @pradeski
    Domisili: Sleman, Yogyakarta
    Link: https://twitter.com/pradeski/status/717986040548564992
    Jawaban:

    Ketidaktahuan. Pertama kali saya belajar filsafat di kampus, saya nggak tahu filsafat itu apa. Lebih tepatnya, saya agak nggak peduli dengan filsafat dan mengejarnya sebatas butuh nilai. Saya agak-agak kaget juga waktu ujian akhir pengajar saya memberi opsi 'tidak tahu' di soal benar/salah. Sampai sekarang saya ingat betul kalau saya centang opsi 'tidak tahu' beberapa kali, haha. Sejak itu saya jadi kepo, kok bisa-bisanya ada pengajar ngebiarin muridnya untuk nggak tahu. Jadilah saya nyari-nyari Dunia Sophie yang secara alay saya telantarkan dulu karena nggak paham. Baru akhir-akhir ini saya nemu dan membaca ulang pelan-pelan dan nggak maksa. Setelah baca separo buku, saya jadi sadar, ternyata habis baca pun saya makin nggak tahu! Juga, saya ngerti bahwa nggak tahu itu penting supaya pertanyaan-pertanyaan filosofis dalam diri kita keluar semua.

    ReplyDelete
  22. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/718104197745348610

    Dulu pernah dapat pelajaran tentang filsafat. Filsafat berasal dari kata philo (cinta) dan sophia (kebijaksanaan). Menurutku filsafat itu adalah suatu pandangan manusia untuk melihat segala sesuatu dari sisi yang berbeda, sisi yang positif. Ketika kita memandang sesuatu dari perspektif yang berbeda, kita akan melihat sesuatu yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Pikiran kita jadi lebih terbuka, kebenaran bisa kita lihat dengan ketulusan. Pada dasarnya segala sesuatu yang berkaitan dengan filsafat sebenarnya adalah hal sederhana yang dirumitkan oleh pikiran, tapi sebenarnya jika dilihat segala sesuatunya pasti memiliki hubungan dan kaitan sebab akibat yang akan memberi kita jawaban dalam kehidupan ini.
    Yah, semoga pendapatku ini todak menyimpang dari pengertian filsafat. Sesungguhnya aku nggak pernah baca novel tentang filsafat, apalagi secara khusus mempelajari filsafat. Semoga berkenan ya mbak :)

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Telat taunya. Pengen ikut padahal :(

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)