Keluarga Perempuan Rasulullah

Judul : Keluarga Perempuan Rasulullah
Pengarang : Fathi Fawzi & Widad Sakakini
Penerbit : Penerbit Zaman
ISBN: 9789790242647
Tebal : 422 Halaman
Rating : 5 dari 5




Nggak ada keraguan untuk saya memberi bintang lima pada buku ini. Kisah sejarah hidup Rasulullah beserta sahabiyah dikemas dengan sangat bagus sekali. Menggunakan sudut pandang keluarga perempuan Rasulullah, sebenarnya kita pembacanya diajak berpetualang dan menyusup ke dalam kehidupan mereka. Bagaimana perjuangan Rasulullah, kehidupan yang melingkupinya bahkan sejak belum dilahirkan hingga peristiwa-peristiwa penting sesudah Rasulullah wafat. Namun, itu tidak mengurangi porsi para pembacanya untuk mengenal lebih dekat bagaimana kisah-kisah para sahabiyah itu sendiri.

Dibagi menjadi tiga bagian, pertama tentang ibu Rasulullah, kedua istri-istri Rasulullah, dan ketiga bagian tentang anak-anak perempuan Rasulullah. Kisah ini membuka wawasan kita tentang bagaimana kehidupan mereka, siapa mereka, apa peran mereka semua dalam kehidupan Rasulullah saat mengemban risalah dakwah. Banyak kisah yang memang sudah umum diketahui, namun tidak sedikit pula yang menyingkap kisah yang jarang terungkap (atau ini memang saya saja sih yang cukup buta sejarah) sehingga menambah wawasan kita terhadap kisah sahabat nabi dan orang-orang terdekatnya, terutama dari kaum perempuan. Jujur saja, kisah Aminah ibunda nabi saya hanya mempunyai sedikit pengetahuan tentangnya. Juga tentang Ummu Aiman (dan ternyata Ummu Aiman menikah dengan Zaid bin Haritsah), dan Asy Syifa binti Auf yang merupakan bidan Rasulullah. Juga tentang ibu susunya, Tsuaibah, ibu susu pertama Rasulullah sebelum dibawa ke perkampungan Halimatus Sa'diyah (kalau kisah ini saya cukup familiar alhamdulillah).

Lalu bagian istri-istri nabi, saya benar-benar banyak mendapatkan pengetahuan baru di sini (dan jujur malu, masa' saya nggak kenal dengan ummul mukminin, kan mereka ibunya ummat muslim). Bagaimana motif pernikahan itu sendiri adalah untuk memuliakan mereka dan kaumnya, juga sebagai upaya keberlangsungan dakwah. Dan yah tetap, selain Khadijah dan Aisyah, favorit saya adalah Shafiyah binti Huyay ♡ yang lain juga, saya suka. Benar-benar suka bagaimana interaksi yang terjalin di antara istri-istri nabi. Cemburunya, nge-ganknya, bagaimana berlomba-lomba mengambil hati Rasul. Manis banget dan alamiah. I'm in love with them ♡ mereka semua, dengan segala kekurangan yang itu tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kelebihan dan peran para ummahatul mukminin dalam sejarah panjang ummat Islam.

Dan tentang putri-putri Rasulullah, saya sungguh terharu dengan kisah cinta Zainab dan suaminya Abu Al-Ash. Saya baru dapat ceritanya di sini. Terharu banget. Kisah Ruqayyah dan Ummu Kultsum, juga Fatimah Az-Zahra tentu sayang untuk dilewatkan.

Satu hal yang menarik dari buku ini adalah, selain cara penyajiannya dalam bahasa novel, namun dengan banyaknya footnote rujukan, saya tidak mengalami keraguan akan keabsahan kisah yang dituturkan. Meskipun ada beberapa bagian cerita yang berulang, bagi saya sah-sah saja, karena artinya, jika kita membaca kisah ini terpisah, pembaca tidak akan ketinggalan dengan kisah tokoh yang kita baca. Dan kalaupun membaca secara keseluruhan, kita jadi bisa menangkap sebuah cerita yang sama namun disajikan dalam sudut pandang yang berbeda. Oh, saya akan tahan sekali kalau baca kisah sejarah dalam bentuk novel seperti ini ;)

1 komentar:

  1. Bilik-bilik Cinta Muhammad juga Oke kak...

    Baru hari ini kenal dg blog Kak Nisa.... seru juga. Jd kepengen baca buku2 yg di review. Terima kasih kak

    ReplyDelete

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (40) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)