Hi, Nerd!

Judul : Hi, Nerd!
Penulis : Maria Mona
Penerbit : Novela
Tebal Buku : 114 Halaman
Cetakan Pertama, Agustus 2016
ISBN : 9786024300081
Rating : 3 dari 5



Barangkali beginilah rasanya menjadi Pluto. Bertahun-tahun diakui sebagai planet sejati. Namun, kemudian para ilmuwan menganggapnya berbeda di antara planet-planet lain di Galaksi Bimasakti. Hanya karena membandel melewati bidang orbit planet lain. Pluto dipandang sebelah mata, dan diturunkan statusnya sebagai dwarf planet. ---halaman 103

***

Malu, marah, merana! Itu yang dirasakan Ara di sekolah barunya.

Ara yang sebelumnya dikenal sebagai Miss Tukang Bully karena suka menindas teman-temannya, kini menjumpai hari-hari pembalasan. Setelah pindah ke Jakarta, ia menjadi bulan-bulanan geng ABC (Aline, Bianka, Ciarra) karena berbagai alasan.

Posisi Ara semakin terpojok sejak ia menolong cowok cupu dari bully-an geng ABC, Alden. Cowok itu nerd abis, pendiam, dan sedikit aneh menurut Ara. Namun, pernahkah Ara menyangka jika cowok pemenang olimpiade astronomi itu yang kelak menyelamatkan masa remajanya?

***

Ara dulunya adalah "jagoan" tukang bully di sekolahnya. Namun, siapa sangka kepindahannya ke Jakarta membuat ia yang biasanya menjadi subjek berubah menjadi objek bully? Itu semua gara-gara kakaknya yang lemah, diterima kuliah di UI, membuat keluarganya harus pindah dari Malang ke Jakarta. Bukan hanya tentang pamornya saja yang bakal hilang, hubungannya dengan sang pacar pun juga terancam. Meskipun, Joan meyakinkan tentang hubungan jarak jauh mereka bakal baik-baik saja.

Sebelum masuk sekolah, ia memikirkan strategi untuk mendekati anak-anak populer agar kehidupannya sama dengan sebelumnya. Ia ingin berlagak bossy dan mencari teman yang sederajat dengannya. Beragam adaptasi sudah ia lakukan, termasuk mengubah kata sapa "aku-kamu" menjadi "lo-gue". Namun yang terjadi adalah... ia justru mendapat pem-bully-an karena logat Jawa-nya yang tidak bisa hilang. Akhirnya ia berteman dengan Vania, cewek aneh yang mulanya tidak bakal mau didekatinya. Orang yang justru diincarnya sebagai teman malah mem-bully-nya.

Ara berkenalan dengan Alden, si cowok aneh dan nerd di sekolahnya. Alden si cowok yang keluar sepuluh menit setelah soal ujian matematika sulit diberikan gurunya. Alden pula yang diumumkan guru mereka, bahwa cowok itu memenangkan olimpiade sains nasional bidang astronomi. Singkat cerita, Ara penasaran dengan cowok kutu buku dan antisosial itu. Sebaliknya, sebenarnya Alden pun penasaran dengan Ara yang mencoba untuk mendekatinya. Namun, sikap yang ditunjukkan Alden selalu dingin padanya. 

"Kadang, rasa penasaran adalah awal jatuh cinta." ---halaman 50

Begitu Ara mendapatkan kesempatan untuk menyelamatkan Alden dari situasi kurang menyenangkan yang berhubungan dengan keluarganya, mereka menjadi dekat. Hingga, saat permintaan Alden untuk mengunjungi kegiatan astronomi ternyata bertepatan dengan ulang tahun salah satu anggota geng ABC, yang mewajibkan mereka untuk hadir pada perayaannya.

Apakah Ara akan mengikuti ajakan Alden, ataukah ia tidak mau membuat perkara dengan geng ABC yang senang merisaknya itu? Lalu, bagaimana  hubungan LDR Ara dengan Joan? Apakah Ara sudah sepenuhnya jatuh cinta dengan Alden?

***

Di angkasa, kita hanya perlu duduk diam dan tenang. Tak mengapa bila yang kita tinggalkan akan terkenang-kenang. ---halaman 21

Novel ini saya baca guna kebutuhan riset sebenarnya, hehehe. Bercerita tentang pelaku perisakan yang kena getahnya karena sekarang menjadi korban. Ara dan kehidupan barunya, memberikan tantangan tersendiri buatnya. Kini ia menjadi korban pem-bully-an setelah gagal menjadi bagian dari orang-orang yang sederajat dengannya. Mengalami nasib berteman dengan cewek tidak populer dan penasaran dengan cowok aneh di kelasnya, membuat Ara mengalami kehidupan yang baru dan serba mengejutkan.

Saya suka dengan cara penulisan novela ini, meskipun di beberapa bagian masih terasa kaku. Seperti misalnya, penggunaan kata ganti: "Gadis asli Jawa Timur itu..." Ini menurut saya pribadi, sih, terkesan seperti sedang menulis di kolom berita di mana isi berita yang singkat, harus memasukkan segala unsur informasi di sana. Selebihnya, saya suka sekali cara penulis menyampaikan kisahnya. Saya juga menyenangi informasi seputar astronomi yang diselipkan di kisah ini. Saya jadi dapat pengetahuan baru dari sana.

Untuk kisahnya sendiri, sederhana, simpel, namun disampaikan dengan apik tanpa bertele-tele. Kisah Ara menghadapi perisakan, juga cerita percintaannya patut disimak. Manis, dan tidak berlebihan. Apalagi, novela ini cukup tipis hanya 114 halaman. Sekali duduk langsung selesai. :)

0 komentar:

Post a Comment

Recent Quotes

"Suatu ketika, kehidupanmu lebih berkisar soal warisanmu kepada anak-anakmu, dibanding apa pun." ~ Dawai-Dawai Ajaib Frankie Presto

Setting

Indonesia (41) Amerika (17) Inggris (11) Jepang (5) Perancis (4) Norwegia (3) Spanyol (3) Belanda (2) Irlandia (2) Korea (2) Saudi Arabia (2) Yunani (2) Australia (1) Fiji (1) Italia (1) Mesir (1) Persia (1) Swedia (1) Switzerland (1) Uruguay (1) Yugoslavia (1)

Authors

Jostein Gaarder (7) Paulo Coelho (6) Mitch Albom (4) Sabrina Jeffries (4) Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie (4) Colleen Hoover (3) Ilana Tan (3) John Green (3) Prisca Primasari (3) Annisa Ihsani (2) Cecelia Ahern (2) John Grisham (2) Miranda Malonka (2) Seplia (2) Sibel Eraslan (2) Suarcani (2) Adara Kirana (1) Adityayoga & Zinnia (1) Ainun Nufus (1) Aiu Ahra (1) Akiyoshi Rikako (1) Alice Clayton (1) Alicia Lidwina (1) Anggun Prameswari (1) Anna Anderson (1) Asri Tahir (1) Astrid Zeng (1) Ayu Utami (1) Charles Dickens (1) Christina Tirta (1) David Levithan (1) Deasylawati (1) Dee Lestari (1) Desi Puspitasari (1) Dewi Kharisma Michellia (1) Djenar Maesa Ayu (1) Dy Lunaly (1) Dya Ragil (1) Elvira Natali (1) Emily Bronte (1) Emma Grace (1) Erlin Natawiria (1) Esi Lahur (1) Fakhrisina Amalia (1) Ferdiriva Hamzah (1) Frances Hodgson Burnett (1) Fredrick Backman (1) G.R.R. Marten (1) Gina Gabrielle (1) Haqi Achmad (1) Harper Lee (1) Hendri F Isnaeni (1) Ifa Avianty (1) Ika Natassa (1) Ika Noorharini (1) Ika Vihara (1) Indah Hanaco (1) JK Rowling (1) James Dashner (1) John Steinbeck (1) Jonathan Stroud (1) Kang Abik (1) Katherine Rundell (1) Korrie Layun Rampan (1) Kristi Jo (1) Kyung Sook Shin (1) Lala Bohang (1) Laura Lee Guhrke (1) Lauren Myracle (1) Maggie Tiojakin (1) Marfuah Panji Astuti (1) Mario F Lawi (1) Mark Twain (1) Maureen Johnson (1) Mayang Aeni (1) Najib Mahfudz (1) Nicholas Sparks (1) Novellina (1) Okky Madasari (1) Orizuka (1) Peer Holm Jørgensen (1) Pelangi Tri Saki (1) Primadonna Angela (1) Puthut EA (1) Rachel Cohn (1) Rainbow Rowell (1) Ratih Kumala (1) Rio Haminoto. Gramata (1) Rio Johan (1) Shinta Yanirma (1) Silvarani (1) Sisimaya (1) Sue Monk Kidd (1) Sylvee Astri (1) Tasaro GK (1) Thomas Meehan (1) Tia Widiana (1) Trini (1) Vira Safitri (1) Voltaire (1) Winna Efendi (1) Yuni Tisna (1)